Pages

Idul adha

Bagi beberapa orang hari raya idul adha memang tak se "indah" hari raya idul fitri. Mungkin karna liburnya dikit jadi nggak kerasa lebaran kali ya. Tapi semenjak SMA saya menjadi suka yang namanya idul adha.

Di hari idul adha kita disuruh berkorban untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan berupa hewan korban seperti kambing atau sapi. Kalau di arab onta atau domba. Mungkin bagi orang orang kaya ini biasa. Tapi bagi orang yang kurang mampu kapan lagi mereka bisa makan daging?

Sejak saya SMA kelas 1. Murid di sekolah kami dilatih untuk berkurban dengan cara mewajibkan tiap kelas untuk berkurban minimal 1 kambing. Kami jadi belajar menabung di jauh hari agar pada hari raya kami bisa membeli kambing. Memilih kambing yang baik, bahkan memotong dagingnya. Dan yang membuat kami senang adalah daging bagian orang yang berkurban, setelah pemotongan, dikembalikan kepada kelas.

Akhirnya kami jadi memutar otak untuk mengolah daging itu. Kami berkumpul di salah satu rumah teman, memotongnya kecil2, mengolahnya dengan bumbu dan membakarnya. Hari itu menjadi hari kami bersenang senang mengakrabkan diri dengan sesama. Menjadi momen yang tak terlupakan di masa SMA kami

Tapi setelah saya lulus saya jadi nggak bisa ngelanjutin hal hal ini. Alhasil saya selalu meminta mama saya untuk mengolahnya untuk saya.

Tapi semuanya berbeda ketika idul adha taun ini. Mama dan papa saya terlihat malas untuk mengolah dan juga menyantapnya. Sementara idul adha tanpa sate? Ini merupakan hal yang ganjil. "Kamu olah di surabaya aja ya sama temen temenmu?" Saya cuman bisa manggut manggut mengingat perkataan mama saya adalah kalimat perintah yang mutlak :| . "Mama papa kan sudah tua. Nanti kalau kolesterolnya nambah gimana?". Saya mempercepat gerakan manggut manggut. Pertanda pasrah tanpa perlawanan. :|

Tapi karna hal itu saya jadi mengenalkan tradisi bakar bakar ke teman teman saya. Ternyata nggak semua dari mereka pernah bakar bakar daging. Meskipun sedikit ribet kami semua senang. Suasana berbagi kebahagiaan terpancar di dalam aktifitas kami. Sesuai dengan maksud Tuhan yg maha kuasa menciptakan hari raya ini. Untuk saling berbagi kebahagiaan :)

Galih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar