Pages

Masalah Cumlaude

Siapa yang nggak pengen lulus dengan predikat cumlaude. Saya rasa semua mahasiswa pernah punya mimpi kayak gini. Buat temen temen yang belum kuliah dan nggak ngerti apa itu cumlaude, cumlaude adalah predikat yang diberikan kepada mahasiswa yang berhasil lulus 4 tahun atau kurang dengan IPK diatas atau sama dengan 3,5. IPK tau kan? IPK itu IP komulatif di semua semester. IP juga nggak tau? IP itu indeks prestasi. bahasa sederhananya takaran untuk mengukur hasil perkuliahan kita dalam skala 0 sampai 4. Dasar kampung :D

Saya juga mengalami mimpi mimpi indah dimana saya bisa lulus dengan predikat tersebut. Lagipula di jurusan saya setiap angkatan jumlah mahasiswa cumlaude lumayan juga. bisa mencapai 20 sampai 30an lah.

Awal semester sepertinya masih berjalan lancar. IP saya 3,7 waktu itu saya hanya sibuk kuliah dan dikader oleh himpunan saya, jadi belum ada halangan dan rintangan yang berarti. Tapi semester semester berikutnya berbagai halangan dan rintangan mulai bedatangan seghingga menghasilkan nilai yang sangat berat untuk di katrol. Sampai saya lulus, saya mengkoleksi 8 SKS bernilai C dan 11 SKS bernilai BC. :'(

Nilai nilai ini bermacam macam asal muasalnya dari mulai yang lupa ngumpulin tugas, nggak maksimal ngerjain final project, galau, masuk ke kelas sakti yang isinya anak anak dewa dan diajar oleh dosen berstandard tinggi, serta punya masalah dengan salah satu dosen di luar perkuliahan. Iya saya memang anak yang sedikit bandel. Sedikit kok nggak banyak. :D

Sampai saya dinyatakan lulus dalam sidang skripsi nilai nilai ini tetep nggak terkatrol. IPK saya berakhir dengan nilai 3,46 (sekarang jadi 3,48 setelah nilai skripsi keluar) tipis banget kan :'(. Sebenernya agak nggak ikhlas sih karena saya merasa seharusnya saya mampu. Terbesit pikiran saya untuk mengulang matakuliah yang bernilai jelek di semester akhir. Mumpung sisa SKS masih banyak.

Saya menemui dosen pembimbing akademik (PA) saya. Disana kami berdiskusi tentang IPK saya. Kira kira begini percakapannya.

Saya : "Mau konsultasi mengenai IPK bu"
Ibu PA : "Iya kenapa IPK kamu?"
Saya : "Ini bu, nanggung. Mepet cumlaude. Enaknya saya ngulang nggak ya bu?"
Ibu PA : "Memang IPK kamu berapa?"
Saya : "3,46 bu, kan dikit lagi 3,5 bu. Kalau ngulang 4 SKS pasti bisa ngangkat"
Ibu PA : "Lhah, Itu kan kalau di bulatin jadi 3,5"

Buset dah, mana ada waktu wisuda IPK dibulatin jadi 1 digit dibelakang koma. Kalau gitu banyak banget lah yang cumlaude :|. Tentu saja saya langsung pengen salto mendengar ucapan dosen PA saya tersebut. Tapi berhubung saya masih dalam mode sopan jadi saya mengurungkan niat saya. Kemudian percakapan dilanjutkan.

Saya : "Tapi kan kalo wisuda tetep aja nggak cumlaude bu"
Ibu PA : "Kamu pengen jadi dosen?"
Saya : "Enggak bu"
Ibu PA : "Pengen jadi peneliti?"
Saya : "Enggak juga bu"
Ibu PA : "Nah kalo gitu ngapain ngebet pengen cumlaude? IPK segitu udah laku kok di dunia kerja"

Berhubung saya belum ngerasain kerja yang syaratnya pake IPK jadi saya pasrah mendengarkan kata kata dosen PA saya.

Ibu PA : "Kamu konsentrasi saja dengan tugas akhir kamu, kalau kamu nggak lulus semester ini sama aja kamu nggak bisa cumlaude"

Kata kata tersebut menjadi kata kata penutup oleh beliau, Saya pun mengurungkan niat untuk mengulang matakuliah saya dan melanjutkan semua rutinitas saya. Mengerjakan skripsi dan bekerja part time sebagai programmer di software house senior saya. Selamat tinggal cumlaude :'(

Tapi perkataan dosen PA saya ini benar adanya. Dalam mengerjakan skripsi, satu semester saya hampir saja kualahan. Di minggu minggu terakhir pengumpulan saya sering nggak tidur untuk melengkapi program dan buku. Memang rumpun matakuliah yang saya ambil memiliki ciri khas akan banyaknya yang harus dikerjakan. Dan alhamdulillah, akhirnya saya bisa lulus tepat waktu. 

Untuk masalah saingan dalam dunia kerja, saya rasa saya masih memiliki poin lebih daripada teman saya yang cumlaude. Setidaknya saya pernah terlibat dalam beberapa proyek dalam skala yang bervariasi. Maka dari itu saya merasa lebih siap daripada beberapa teman teman saya yang belum memiliki pengalaman. Soal hasil perlombaan mencari pekerjaan, entahlah saya tidak mau takabur, yang terpenting mulai sekarang berikan usaha yang terbaik agar tidak ada lagi penyesalan :)

Galih

19 komentar:

  1. Jadi kak kalau misal ada nilai C tapi yang lain A sama B masih bisa cumlaude ya? Soal nya kan ada yang cerita kalo udah dapet C udah ga bisa cumlaude atau itu kebijakan dari universitas nya emang gitu kalik ya :')

    BalasHapus
  2. Jadi kak kalau misal ada nilai C tapi yang lain A sama B masih bisa cumlaude ya? Soal nya kan ada yang cerita kalo udah dapet C udah ga bisa cumlaude atau itu kebijakan dari universitas nya emang gitu kalik ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di ITS masih bisa sih. Asal IPK nya diatas 3.5 dan lulusnya maksimal 4 tahun. Semangaaat 🙌🙌

      Hapus
    2. Jadi di its meskipun ada nilai yang C asal IP komulatifnya di atas 3.5 itu cumlaude?

      Hapus
    3. Jadi di its meskipun ada nilai yang C asal IP komulatifnya di atas 3.5 itu cumlaude?

      Hapus
  3. regiena geraldie: problem yang sama dengan saya :" jadi dilema tersendiri disaat menghadapi magang dan skripsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka sedih sendiri saya.. nilai c ada 2 ini udah semester 6..bingung mau ulang atau gak

      Hapus
  4. Gak bisa,kebijakan dari pihak kampus emang diketatin, kalo diperaturanya gak boleh ada nilai dibawah B.

    BalasHapus
  5. Gak bisa,kebijakan dari pihak kampus emang diketatin, kalo diperaturanya gak boleh ada nilai dibawah B.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nilai di bawab B gak bisa cumlaudw berarti yang dapat nilai B- tidak bisa cumlaude?

      Hapus
  6. Aku juga rada nggak rela gak bisa cumlaude karena ada nilai C satu aja padahal IPK lumayan

    BalasHapus
  7. Ka jadi yg comloude itu tiap semester nya IPK harus 3,5 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada ipk tiap semester, kalo tiap semester ip, baca aja peraturan akademik di kampus kamu baca ketentuannya

      Hapus
  8. Kak kalau ngulang satu mata kuliah dan kita SP mata kuliah itu kira2 bisa cumlaude ga kakk??

    BalasHapus
  9. Kak kalau ngulang satu mata kuliah dan kita SP mata kuliah itu kira2 bisa cumlaude ga kakk??

    BalasHapus
  10. Kak kalau ngulang satu mata kuliah yg dpt C+ dan kita SP mata kuliah itu kira2 nantinya bisa cumlaude ga kak?

    BalasHapus
  11. Kak kalau ipk.nya 3,6 dan lulus 3,5th tp ada satu matkul ngulang bisa cumlaude ga ya kak, soalnya pernah denger kalo ada matkul ngulang ga dapet cumlaude ��

    BalasHapus
  12. Kak saya ada satu nilai b-itu masih bisah cumlaude gak sih kak? Mohon respon nya kak. Ini lagi galau bet liat nih satu nilai😢😢😢😢

    BalasHapus
  13. Kak kalau ipk nya 4.00 terus turun dapet B itu masih bisa cumlaude ga???

    BalasHapus