Pages

Indonesians share too much

Nggak tau kenapa orang orang daerah itu suka banget berbagi. Sitik sitik slametan sitik sitik makan makan. Ngerasa nggak sih? Bukannya nggak mau berbagi ya, tapi kan nggak semuanya itu harus pake acara slametan, makan makan, sampe di bela belain utang sana sini. Alih alih slamet, nggak bisa tidur tenang gara gara utang yang ada.

Entah kenapa di Indonesia ini daya belinya besar banget kalo buat ginian. Nikahan di gedung gede, segala macam makanan ada, ngundang ratusan orang. Sunatan di tanggapke dangdut, sheila on 7, taylor swift. Abis beli rumah langsung tumpengan di undang satu kampung padahal rumahnya juga nyicil. Saya curiga ini sudah bukan masalah budaya lagi tapi masalah gengsi.

Maksud saya ya biasa aja sih, nggak semuanya itu harus di gede gedein kan. Kita tuntaskan dulu lah yang menjadi kewajiban kita yang sudah di tentukan sama Allah. Yang sudah di contohkan sama Rosul. Misal zakat mal, zakat zakat yang wajib, qurban, sodaqoh, yang itu itu aja dulu. Shodaqoh pun juga diatur kan, saudara dulu, baru orang lain. Anak istri, orang tua dulu, saudara kandung, kalau memang sudah sejahtera saudara lalu satu mbah, baru orang lain. Cie sok alim.

Boleh lah kita berbagi, asal sesuai kemampuan kita. Boleh lah kita berbagi asal tau prioritas mana orang orang yang harus kita dahulukan. Jangan jadikan sedekah, slametan, syukuran ini ajang gengsi gengsian belaka.

Galih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar