Pages

Mahasiswa Tingkat Akhir

Mahasiswa tingkat akhir merupakan fase terberat dalam masa masa perkuliahan. Galembo aja sampai libur nulis blog berbulan bulan. Pada saat mengerjakan tugas akhir, kita dituntut untuk mandiri dalam mengerjakannya. Nggak ada lagi deadline dari dosen atau jarkom dari ketua kelas yang mengingatkan kita. Kalian mau lulus bertahun tahun nggak ada yang bakal peduli.

Setelah melakukan perjalanan yang panjang ini, tsaah.... :D Saya berhasil mengelompokkan tipe tipe mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Berikut adalah tipe tipe tersebut

1. Mahasiswa biasa

Mahasiswa tipe ini mengerjakan skripsinya selayaknya mahasiswa normal, Tidak ada yang istimewa, tidak ada kelebihan tidak ada kekurangan. Ini adalah contoh dari kebanyakan mahasiswa sekarang.

2. Mahasiswa anti mainstream

Kelompok ini termasuk kelompok yang ekstrim, Punya Idealisme yang tidak dimengerti oleh orang lain. Bagi mereka lulus tepat waktu adalah hal yang biasa, Meskipun sudah tidak ada beban SKS, mereka memilih untuk lulus diatas waktu normal. Sangat Idealis.

3. Si hampir jadi

Salah satu ciri tipe ini adalah ketika kamu sedang membuka topik seputar skripsi mereka akan selalu menjawab "Udah kok, tinggal dikit lagi", "Iya ini tinggal nambah lampiran", atau "Udah jadi kok tinggal diprint". Tapi entah kenapa hari hari selanjutnya tetep aja nggak jadi jadi.

4. Sak per

Untuk tipe ini biasanya adalah seorang pemain game. Bagi mereka, untuk mengerjakan satu paragraf saja di butuhkan motivasi yang kuat. Untuk mengatasi kejenuhann biasanya skripsi dilakukan sambil main game dengan komposisi 10 menit untuk skripsi dan 2 jam untuk main game. Kata kata yang sering muncul ketika diingatkan tentang skripsinya adalah "Sak per dulu lah....". *(per = permainan)

5. Belajar referensi

Mahasiswa tipe ini biasanya mengerjakan topik skripsi yang sangat langka sehingga mempelajari referensi adalah kegiatan rutin baginya. Entah benar benar langka atau setidaknya merasa langka bagi dirinya sendiri.

6. 3,5 Tahun

Tipe ini terkenal dengan semangat kuliahnya yang sangat menggebu gebu, Mereka mengambil SKS dengan optimal, Setiap semester tidak boleh ada sisa SKS. Maka dari itu mereka bisa lulus lebih cepat dari mahasiswa normal. Setelah dosen memberikan tugas, pasti hari itu akan dikerjakan seketika. Mereka biasanya berkelompok dan pembicaraannya sukar dimengerti oleh tipe lain.

7. Superman

Ini adalah tipe paling fantastis yang pernah ada. Mereka rajin, IP selalu tinggi, akan tetapi juga merupakan idola di luar perkuliahan seperti oraganisasi mahasiswa, mahasiswa berprestasi, Atlit olahraga dan seni atau aktivis lembaga dakwah kampus. Bagi mereka waktu sangat amat panjang. Skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa biasa dalam satu semester dapat dikerjakan dalam waktu satu bulan. Ajaib.

8. Anak Proyekan

Bagi anak proyekan, kuliah hanya sebuah ritual. Pelajaran yang sebenarnya adalah dalam kehidupan nyata. Maka dari itu mereka lebih tertarik untuk bekerja langsung pada bidangnya. Meskipun dibayar dengan harga mahasiswa hal ini tidak menjadi masalah. Maka tak heran ketika mereka lebih mementingkan proyeknya daripada skripsinya.

9. L-Men

Mungkin dari semua tipe, inilah yang paling peduli dengan kesehatan. Mereka rajin ke gym untuk membentuk tubuh ideal idaman para wanita. Tipe ini biasanya sering memakai pakaian ketat. Tapi sayang, kebanyakan dari mereka baru peduli tentang kesehatan setelah dituntut untuk mengerjakan skripsi. Akan tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat kan?

10. Hopeles

Lain halnya dengan tipe anti mainstream, tipe hopeless memang tidak di takdirkan untuk lulus 4 tahun. Masih banyak hutang hutang SKS yang harus dipenuhi. Tapi tidak semua tipe ini bersedih. Ada yang masih bersemangat dalam kesehariannya untuk menyusul ketertinggalanya.

Itulah tipe tipe mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya. Saya nggak bisa menjudge mana yang baik mana yang buruk. Setiap pilihan pasti mempunyai pertimbangan. Ada yang bilang skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Ada yang bilang skripsi yang baik adalah skripsi yang "berkelas". Tapi menurut saya skripsi yang baik adalah skripsi yang menyenangkan untuk dikerjakan sehingga kita bisa ikhlas menyelesaikannya entah dalam waktu yang singkat maupun yang panjang. Karena sesuatu yang ikhlas akan berbuah hasil yang baik bagi diri kita dan lingkungan sekitar kita :)

Galih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar